(SATU PERTEMUAN)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester : VII/ Satu
Materi Pokok : Himpunan
Alokasi waktu :
2 jam @ 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui
pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok,
siswa dapat : mengembangkan rasa ingin tahu dan tanggung jawab kelompok dalam:
1. Menunjukkan
rasa ingin tahu selama proses pembelajaran
2. Bertanggungjawab
terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
3. Mengidentifikasi
contoh himpunan dan bukan himpunan
4. Menjelaskan
pengertian himpunan
5. Menyajikan
himpunan dengan mendaftar anggota – anggotanya
6. Menyajikan
himpunan dengan menyebut sifat yang dimiliki anggotanya
7. Menyajikan
himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
B. Kompetensi Dasar
2.1 menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsive, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah
2.2 Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam melakukan aktivitas sebagai wujud implementasi
penyelidikan tentang himpunan
3.2 Menjelaskan
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan
menunjukkan contoh dan bukan contoh
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa mampu :
1. Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam melakukan penyelidikan tentang himpunan
2. Bertanggungjawab
dalam kelompok belajarnya
3. Mengidentifikasi
contoh himpunan dan bukan himpunan
4. Menjelaskan
pengertian himpunan
5. Menyajikan
himpunan dengan mendaftar anggota – anggotanya
6. Menyajikan
himpunan dengan menyebut sifat yang dimiliki anggotanya
7. Menyajikan
himpunan dengan notasi pembentuk himpunan
D. Materi Pembelajaran
Materi
ajar yang dipelajari siswa selama pertemuan
pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan RPP ini adalah: pengertian himpunan
dan penyajian himpunan.
1. Himpunan adalah sekumpulan objek atau benda yang memiliki karakteristik yang sama atau terdefinisi dengan jelas
Contoh
himpunan :
- Kumpulan
hewan berkaki empat
- Kumpulan bunga berwarna merah
Contoh bukan
himpunan:
- Kumpulan
makanan enak
- Kumpulan
bunga indah
2. Penyajian Himpunan
Terdapat
beberapa cara dalam penyajian suatu himpunan dengan tidak mengubah makna
himpunan tersebut, antara lain sebagai berikut:
a. Mendaftarkan
anggotanya (enumerasi)
Contoh
: A = { 2, 3, 5, 7}
b. Menyatakan
sifat yang dimiliki anggotanya
Contoh
: A = kumpulan bilangan prima kurang dari 8
c. Menuliskan
notasi pembentuk himpunan
Contoh
: A = {x│x < 8, xÎ
bilangan prima}
Pengamatan,tanya jawab,
penugasan individu dan kelompok, dan diskusi kelompok dan presentasi
F. Media Pembelajaran
- Model
bangun datar dengan 3 macam warna yang berbeda
- Benda-benda di sekitar kita
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2013. Matematika SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: Politeknik Negeri
Media Kreatif
Sumber belajar lainnya
H. Langkah – Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam dan mengajak siswa
berdoa
2.
Guru menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran siswa
3.
Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita
tentang manfaat belajar himpunan dalam kehidupan sehari – hari
4.
Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan
hasil belajar yang diharapkan akan dicapai
5.
Guru menginformasikan cara belajar yang
akan ditempuh (pengamatan, demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu
maupun kelompok)
6.
Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa
dengan tanya jawab
7.
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa mengamati benda-benda yang sudah disedikan guru
2.
Siswa menganalisis, menalar,mengelompokan
menurut sifat yang sama
3.
Siswa mencoba lagi mengelompokan
bangun-bangun tadi dengan kriteria yang berbeda
4.
Hasil pengamatan dan pengelompokan ditulis
dan dipresentasikan di depan kelas
5.
Bersama kelompoknya berdiskusi menyimpulkan
pengertian himpunan
6.
Bersama kelompoknya siswa menyajikan
himpunan dengan mendaftar anggota-anggotanya, menyebutkan sifat yang
dimilikinya
7.
Guru memberi contoh yang lain yang
anggota-anggotanya terdiri dari angka-angka
8.
Siswa menuliskan himpunan dengan notasi
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Siswa dengan bimbingan guru
membuat rangkuman inti materi pelajaran
2. Siswa melakukan refleksi dengan dipandu
oleh guru
3. Guru memberi pekerjaan rumah
4. Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan
berikutnya, yaitu relasi himpunan
|
10 menit
|
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti nomor 1, 2, 3
|
2
|
Tanggungjawab dalam kelompok
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti nomor 4, 6, 8
|
3
|
Pengetahuan
|
Kuis
|
akhirl pertemuan ke-1
|
Portofolio Hasil Latihan-1,
|
Akhir pertemuan ke-5
|
2. Instrumen penilaian:
Soal:
1.Nyatakan himpunan-himpunan berikut dengan
mencacah seluruh anggotanya!
a. {x | x ∈ P, x < 20, P bilangan prima}
b. {x | x adalah
bilangan bulat positif yang
kurang dari 12}
c. {x | x ∈ G, x < 10, G
bilangan genap positif}
2. Nyatakan himpunan berikut
dengan menuliskan
notasi pembentuk himpunannya!
a. {0,3,6,9,12}
b. {-3,-2,-1,0,1,2,3}
Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
1.a.{
2,3,5,7,11,13,17,19 } skor 2
b.{1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11
} skor 2
c.{2,4,6,8 } skor 2
2.a.{ x / 0 ≤ 3x ≤ 4 , x bilangan cacah } skor 2
b.{ x / -4 < x < 4 , x bilangan bulat
} skor
2
Pedoman Penilaian
Nilai maksimal = 10
LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : Kegiatan inti 1, 2,3
Kompetensi Dasar :
Nomor 2.2 dan 3.2
Sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran
adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
1. Kurang baikjika sama sekali
tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu)
dalam proses pembelajaran
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk mencoba atau
bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
3. Sangat baikjika menunjukkan
adanya usaha untuk mencoba atau bertanya
dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
1. Kurang baikjika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam
melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi
belum ajeg/konsisten
3. Sangat baikjika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Bubuhkan
tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama
|
Rasa ingin tahu
|
Tanggungjawab
|
||||
SB
|
B
|
KB
|
SB
|
B
|
KB
|
||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
...
|
|||||||
32
|
SB = sangat
baik B = baik KB = kurang baik
Purworejo, Juli 2014
Guru
Mapel Matematika
0 comments:
Post a Comment