Pengertian Iklan
![]() |
Iklan |
Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah
promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha dan ide
yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik sebagai bagian
dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi
termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.
Sejarah periklanan
Artikel
utama untuk bagian ini adalah: Sejarah periklanan
Iklan tulis mulai dikenal sejak zaman Yunani kuno. Ketika
itu, iklan berisi mengenai budak-budak yang melarikan diri dari tuannya atau
mengenai penyelenggaraan pertandingan Gladiator, pada masa ini iklan hanyalah
berupa surat edaran. Beberapa waktu kemudian barulah muncul metode periklanan
yang ditulis dengan tangan dan dengan kertas yang lebih besar di Inggris. Iklan
pertama yang dicetak di Inggris ditemukan pada Imperial Intelligencer Maret 1648.
Sampai tahun 1850-an, di Eropa iklan belum sepenuhnya dimuat di surat kabar.
Kebanyakan masih berupa pamflet, leaflet, dan brosur. Iklan majalah pertama
muncul dalam majalah Harper tahun 1864.
Iklan di Indonesia
Artikel
utama untuk bagian ini adalah: Iklan di Indonesia
Iklan pertama kali diperkenalkan
di nusantara oleh Gubernur Jenderal Hindia-Belanda periode 1619 - 1629 JanPieterszoon Coen. J.P. Coen juga adalah penerbit Bataviasche Nouvelle, surat
kabar pertama di Indonesia yang terbit tahun 1744, satu abad setelah J.P. Coen
meninggal.
0 comments:
Post a Comment