Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Segiempat dan Segitiga
Jumlah Pertemuan
seluruhnya : 8 pertemuan
Alokasi Waktu seluruhnya : 20
jam @ 40 menit
Pertemuan ke : 3 dari 8
pertemuan
Alokasi Waktu Pertemuan ke-1 : 2 jam
@ 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui
pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi
kelompok, siswa dapat: mengembangkan
rasa ingin tahu dan tanggungjawab kelompok dalam:
Pertemuan-3 (2 × 40 menit)
1. menunjukkan rasa ingin
tahu tentang sifat-sifat bangun datar pada segitiga
2. mengidentifikasi sifat-sifat segitiga yang melibatkan peristiwa sehari-hari;
3. menentukan jenis,sifat
segitiga;
4. menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat segitiga
B. Kompetensi Dasar:
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta
memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun,
objektif,menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun
aktifitas sehari-hari.
3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa mampu:
1. menunjukkan rasa ingin
tahu tentang sifat-sifat bangun datar pada segitiga.
2. bertanggungjawab terhadap
kelompoknya dalam menyelesaikan tugas;
3. mengidentifikasi sifat-sifat segitiga yang melibatkan peristiwa sehari-hari;
4. menentukan jenis, sifat
segitiga
5. menyelesaikan permasalahan
nyata yang terkait penerapan sifat-sifat segitiga
D. Materi Ajar Pertemuan Ke-3
Siswa SMP/MTs pernah mempelajari segitiga pada Sekolah dasar. Pada KD ditekankan
pada mengidentifikasi sifat-sifat bangun
datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas pada beberapa bangun yang
pada pertemuan ke-3 siswa diharapkan mampu mengidentifikasi sifat-sifat segitiga
Adapun yang harus dipelajari siswa selama pertemuan pelaksanaan
pembelajaran yang menggunakan RPP ini
adalah
Jenis – jenis segitiga ditinjau
dari panjang sisi

Jenis –
jenis segitiga ditinjau dari besar sudutnya


Secara umum dapat disimpulkan
bahwa sifat-sifat segitiga dapat ditinjau dari sisi dan sudut
Terdapat beberapa jenis segitiga, yaitu:
a. Segitiga yang ketiga sisinya
sama panjang disebut segitiga sama isi.
b. Segitiga yang dua sisinya sama
panjang disebut segitiga samakaki.
c. Segitiga yang sisinya tidak
sama panjang di sebut segitiga sebarang.
d. Segitiga yang besar salah satu
sudutnya 90° disebut segitiga siku-siku.
e. Segitiga yang salah satu
sudutnya tumpul disebut segitiga tumpul.
f. Segitiga yang ketiga sudutnya
lancip disebut segitiga lancip.
E. Metode Pembelajaran Pertemuan ke-3
Pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan
kelompok, dan diskusi kelompok
F. Media Pembelajaran
Bahan tayang
G. Sumber Belajar Pertemuan Ke-1
1. Bahan informasi tentang segitiga
2.
Daftar pertanyaan untuk apersepsi;
3.
Contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan segitiga
4. Bahan latihan-1;
5. Bahan latihan-2;
6. Bahan pekerjaan rumah;
7. Buku Siswa Mata Pelajaran
Matematika Jilid VII.
H. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru memberi salam dan
mengajak siswa berdoa;
2. Guru menanyakan kabar
dan mengecek kehadiran siswa
3. Siswa mendengarkan dan
menanggapi cerita guru tentang bangun segitiga dalam kehidupan sehari-hari;
4. Guru mengkomunikasikan
tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa;
5. Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu
dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan
berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan)
6. Guru mengecek kemampuan
prasyarat siswa dengan tanya jawab
|
15
menit
|
Inti
|
1. Siswa mengamati,
mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang
berhubungan sifat bangun pada segitiga
2.
Siswa menganalisis, menalar,
mencoba dan menyimpulkan tentang mengidentifikasikan sifat-sifat
segitiga dalam peristiwa sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan dan
tanya-jawab
3.
Secara individu siswa menyelesaikan tugas Latihan-1 tentang menentukan
jenis, sifat segitiga peristiwa sehari-hari dan konsep matematika;
4. Secara kelompok, siswa
berdiskusi membahas hasil tugas Latihan-1. Anggota kelompok saling memeriksa, mengoreksi dan
memberikan masukan;
5. Beberapa siswa wakil
kelompok (minimal tiga orang) melaporkan hasil penyelesaian Latihan-1.
6. Siswa dan guru membahas
hasil penyelesaian Latihan-1. Guru memberikan umpan balik;
7. Secara berpasangan siswa
menyelesaikan Latihan-2 tentang menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait
penerapan siat-sifat segitiga ,mengidentifikasikan sifat-sifat segitiga dalam
peristiwa sehari-hari,menentukan jenis dan sifat segitiga,penyelesaian
masalah
8. Siswa dan guru membahas
hasilan Latihan-2. Guru memberi umpan balik. Hasil Latihan-2 dipajang di
tempat pajangan hasil karya.
|
60
menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang sifat-sifat
bangun datar pada segitiga
2.
Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
3. Guru memberi pekerjaan
rumah;
4.
Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada
pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan kuis tentang menghitung luas dan keliling
segitiga
|
5
menit
|
I. Penilaian Pertemuan Ke-3
1. Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
Pengamatan
|
Kegiatan
inti nomor 1, 2, 6, 8
|
2
|
Tanggungjawab
dalam kelompok
|
Pengamatan
|
Kegiatan
inti nomor 3, 4, 5, 7
|
3
|
Pengetahuan
dan keterampilan matematika
|
Kuis
|
Awal
pertemuan ke-2
|
Portofolio
Hasil Latihan-2
|
Akhir
pertemuan ke-1
|
2. Instrumen penilaian:
KUIS (Waktu:
maksimal 10 menit)
Petunjuk:
1.
Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan
tidak boleh bekerjasama.
2.
Kerjakan soal berikut ini dengan benar.
Soal

Gunakan penggaris untuk mengukur panjang sisi ketiga
segitiga di atas!
a.
Ketiga gambar di atas adakah sisi-sisi yang sama panjang? Jika ada, berapa
sisi yang panjangnya sama?
b.
Dengan melihat panjang sisi-sisinya, apakah jenis ΔABC? Jelaskan!
c.
Dengan melihat panjang sisi-sisinya, apakah jenisΔKLM ? Jelaskan!
d.
Dengan melihat panjang sisi-sisinya,apakah jenis ΔPQR ? Jelaskan!
KUNCI JAWABAN :
a.
Ada, AB = BC, KL = ML, PR = RQ
b.
Segitiga samakaki, karena kedua
sisinya sama panjang
c.
Segitiga samakaki, karena kedua
sisinya sama panjang
d.
Segitiga samakaki, karena kedua
sisinya sama panjang
Pedoman Penilaian:
No Soal
|
Aspek Penilaian
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
a
|
Jawaban
|
Benar
|
10
|
20
|
Salah
|
2
|
|||
Tidak ada
pilihan jawaban
|
0
|
|||
Alasan
jawaban
|
Seluruhnya benar
|
10
|
||
Sebagian
besar benar
|
8
|
|||
Sebagian
kecil benar
|
4
|
|||
Tidak ada
alasan jawaban
|
0
|
|||
b
|
jawaban
|
Benar
|
10
|
20
|
Salah
|
2
|
|||
Tidak ada
jawaban
|
0
|
|||
Alasan
jawaban
|
Seluruhnya
benar
|
10
|
||
Sebagian
besar benar
|
8
|
|||
Sebagian
kecil benar
|
4
|
|||
Tidak ada
alasan jawaban
|
0
|
|||
c
|
jawaban
|
Benar
|
10
|
20
|
Salah
|
2
|
|||
Tidak ada
jawaban
|
0
|
|||
Jawaban
|
Seluruhnya
benar
|
10
|
||
Sebagian
besar benar
|
8
|
|||
Sebagian
kecil benar
|
4
|
|||
Tidak ada
alasan jawaban
|
0
|
|||
d
|
jawaban
|
Benar
|
10
|
20
|
Salah
|
2
|
|||
Tidak ada
jawaban
|
0
|
|||
Jawaban
|
Seluruhnya
benar
|
10
|
||
Sebagian
besar benar
|
8
|
|||
Sebagian
kecil benar
|
4
|
|||
Tidak ada
alasan jawaban
|
0
|
|||
Skor maksimal =
|
-
|
80
|
||
Skor minimal =
|
0
|
LEMBAR PENGAMATAN PERKEMBANGAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
..........................................................................
Kompetensi Dasar : Nomor
2.2, 3.6, 3.8, 4.7
Sikap yang
dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan tanggung
jawab dalam kelompok.
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
1.
Kurang baikjika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau
acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih
belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baikjika menunjukkan adanya
usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus
menerus dan ajeg/konsisten
Indikator perkembangan sikap TANGGUNGJAWAB (dalam kelompok)
1.
Kurang baikjika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam
melaksanakan tugas kelompok
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok tetapi belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baikjika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
|
Nama
|
Rasa ingin tahu
|
Tanggungjawab
|
||||
SB
|
B
|
KB
|
SB
|
B
|
KB
|
||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
...
|
|||||||
32
|
SB = sangat baik B = baik KB = kurang baik
Yogyakarta, Juli 2013
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
SMPN
LAMPIRAN RPP

Perhatikan gambar di
atas! Gunakan busur
derajat dan penggaris,
untuk menjawab pertanyaan-
pertanyaan berikut!
1.
∆ABC
a.
Ukurlah besar sudut-sudut ∆ABC!
b.
Ukurlah panjang sisi-sisi ∆ABC!
c.
Adakah sisi-sisi ∆ABC yang panjangnya
sama?
d.
Adakah sudut yang besarnya sama pada
∆ABC?
e.
Berdasarkan besar sudut-sudutnya, jenis
segitiga apakah ∆ABC?
f.
Berdasarkan panjang sisi-sisinya,
jenis segitiga apakah ∆ABC?
g.
Berdasarkan besar sudut dan panjang
sisinya, jenis segitiga apakah ∆ABC? Jelaskan!
2.
∆KLM
a.
Ukurlah besar sudut-sudut ∆KLM!
b.
Ukurlah panjang sisi-sisi ∆KLM!
c.
Adakah sisi-sisi ∆KLM yang panjangnya
sama?
d.
Adakah sudut yang besarnya sama pada
∆KLM?
e.
Berdasarkan besar sudut-sudutnya, jenis
segitiga apakah ∆KLM?
f.
Berdasarkan panjang sisi-sisinya,
jenis segitiga apakah ∆KLM?
g.
Berdasarkan besar sudut dan panjang
sisinya, jenis segitiga apakah ∆KLM? Jelaskan!
3.
∆PQR
a.
Ukurlah besar sudut-sudut ∆PQR!
b.
Ukurlah panjang sisi-sisi ∆PQR!
c.
Adakah sisi-sisi ∆PQR yang panjangnya
sama?
d.
Adakah sudut yang besarnya sama pada
∆PQR?
e.
Berdasarkan besar sudut-sudutnya, jenis
segitiga apakah ∆PQR?
f.
Berdasarkan panjang sisi-sisinya,
jenis segitiga apakah ∆PQR?
g.
Berdasarkan besar sudut dan panjang
sisinya, jenis segitiga apakah ∆PQR? Jelaskan!
0 comments:
Post a Comment